Penelitian ini mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 008 Labuhan Papan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penerapan Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dan memahami tantangan yang dihadapi dalam proses tersebut. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas bagi guru dalam mengembangkan materi pembelajaran PAI yang lebih kontekstual dan relevan. Namun, terdapat kendala dalam hal kesiapan guru dan infrastruktur yang mendukung penerapan kurikulum ini secara optimal. Simpulan dari penelitian ini menekankan perlunya peningkatan kapasitas guru dan penyediaan fasilitas yang memadai untuk mencapai hasil yang lebih optimal dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada PAI di SDN 008 Labuhan Papan.
Copyrights © 2024