Dimensi kreatif pada Profil Pelajar Pancasila mengacu pada kemampuan siswa dalam memberikan gagasan, menciptakan karya, serta mampu memecahkan masalah. Guru dapat mendukung kreativitas siswa dalam bentuk penyaluran minat, bakat, dan keterampilan lewat tugas praktik. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana implementasi dimensi kreatif Profil Pelajar Pancasila dalam penerapan kurikulum merdeka di kelas IV SDN Kebon Kawung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif berjenis studi kasus. Subyek penelitian melibatkan siswa dan guru kelas IV SDN Kebon Kawung. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa SDN Kebon Kawung sudah mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila yaitu dimensi kreatif dalam pembelajaran P5. Untuk menerapkannya, guru membuat kegiatan berdasarkan 3 sub fokus. Fokus tersebut: 1) Strategi, 2) Tahapan, 3) Dampak. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa implementasi dimensi kreatif Profil Pelajari Pancasila dalam penerapan kurikulum merdeka telah diterapkan dengan baik di kelas IV SDN Kebon Kawung.
Copyrights © 2024