Cendikia Pendidikan
Vol. 6 No. 12 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN: MEMAHAMI PENGARUH SISTEM PATRIARKAL MELALUI ANALISIS PSIKOLOGIS TEORITIS DAN EMPIRIS

Marsha Miranda (Unknown)
Siti Rumilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Kekerasan terhadap perempuan adalah masalah serius yang mencerminkan ketidaksetaraan gender dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran sistem patriarki sebagai faktor pemicu utama kekerasan terhadap perempuan dengan pendekatan teoretis dan empiris. Sistem patriarki, yang mengatur hubungan kekuasaan dan peran gender dalam masyarakat, sering kali menempatkan perempuan dalam posisi subordinat, yang berkontribusi pada berbagai bentuk kekerasan, termasuk kekerasan domestik, kekerasan seksual, dan kekerasan psikologis.Studi ini mengkaji teori-teori patriarki yang menjelaskan bagaimana struktur sosial ini mempengaruhi dinamika kekuasaan dan kekerasan, serta menganalisis data empiris dari berbagai kasus dan konteks. Melalui pendekatan ini, penelitian ini mengidentifikasi mekanisme yang mendasari kekerasan terhadap perempuan dalam masyarakat patriarkal dan mengevaluasi dampak dari norma-norma gender dan struktur sosial terhadap prevalensi dan jenis kekerasan yang dialami perempuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem patriarki secara signifikan memperkuat kekerasan terhadap perempuan dengan menormalisasi ketidaksetaraan dan memperkuat pola-pola kekuasaan yang merugikan. Temuan ini memberikan wawasan penting untuk merancang strategi intervensi yang lebih efektif dan kebijakan yang dapat menanggulangi akar penyebab kekerasan terhadap perempuan. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara patriarki dan kekerasan serta mendorong perubahan sosial yang positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...