Cendikia Pendidikan
Vol. 7 No. 1 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAYAH: STRATEGI DAN IMPLEMENTASI

syamzaimar, syamzaimar (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi dan implementasi pendidikan karakter di Madrasah Ibtidayah. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dan analisis dokumen di beberapa madrasah di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di Madrasah Ibtidayah berfokus pada pengembangan nilai-nilai religius, sosial, dan moral melalui kurikulum yang terintegrasi. Selain itu, keterlibatan orang tua dan komunitas juga berperan penting dalam mendukung keberhasilan program pendidikan karakter. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk penguatan strategi implementasi di tingkat kebijakan dan praktik. This research aims to explore the strategy and implementation of character education at Madrasah Ibtidayah. The method used is a qualitative study with data collection through literature study and document analysis in several madrasas in Indonesia. The research results show that character education at Madrasah Ibtidayah focuses on developing religious, social and moral values ​​through an integrated curriculum. Apart from that, the involvement of parents and the community also plays an important role in supporting the success of character education programs. This research provides recommendations for strengthening implementation strategies at the policy and practice levels.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...