Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi dan implementasi pendidikan karakter di Madrasah Ibtidayah. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dan analisis dokumen di beberapa madrasah di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di Madrasah Ibtidayah berfokus pada pengembangan nilai-nilai religius, sosial, dan moral melalui kurikulum yang terintegrasi. Selain itu, keterlibatan orang tua dan komunitas juga berperan penting dalam mendukung keberhasilan program pendidikan karakter. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk penguatan strategi implementasi di tingkat kebijakan dan praktik. This research aims to explore the strategy and implementation of character education at Madrasah Ibtidayah. The method used is a qualitative study with data collection through literature study and document analysis in several madrasas in Indonesia. The research results show that character education at Madrasah Ibtidayah focuses on developing religious, social and moral values through an integrated curriculum. Apart from that, the involvement of parents and the community also plays an important role in supporting the success of character education programs. This research provides recommendations for strengthening implementation strategies at the policy and practice levels.
Copyrights © 2024