Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa dalam materi bilangan berpangkat melalui pembelajaran berbasis masalah (PBM). Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitis yang berorientasi pada pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kesimpulan umum kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bilangan berpangkat termasuk dalam kategori sedang dengan persentase skor sebesar 52,57%; (2) disposisi matematis siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah menunjukkan kecenderungan yang positif, artinya bahwa sebagian besar siswa memiliki sikap yang baik dalam hal kepercayaan diri dalam menyelesaikan masalah, mengeksplorasi ide-ide, menyelesaikan tugas-tugas, keingintahuan untuk menemukan sesuatu, merefleksi proses berpikir, mengaplikasikan matematika dalam bidang lain dan penghargaan peran matematika; (3) setelah dilakukan delayed-test tampak bahwa tidak terjadi perbedaan hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa secara signifikan, berarti bahwa retensi kemampuan koneksi matematis siswa dapat bertahan cukup lama.
Copyrights © 2023