Penelitian ini berdasarkan rendahnya nilai pada mata pelajaran PAI pada materi jika bumi berhenti berputar, dengan maksud untuk memperoleh suatu hasil dengan mengetahui seberapa besar minat belajar para peserta didik jika menggunakan model inquiry. Selama ini pelajaran PAI dianggap tidak menarik oleh sebagian peserta didik hal inilah yang menjadi pemicu rendahnya nilai KKMÂ yaitu 65, sedangkan nilai yang telah ditentukan oleh sekolah adalah 70. Penelitian ini di laksanakan di SDN kademangan 01 tangerang selatan tahun tahun 2022/2023,dengan kuantitas yang ada yaitu peserta didik di kelas VI sejumlah 34 peserta didik yang tepatnya dari 14 putra dan 14 puri. Pada pengkajian ini digunakan penelitian tindakan kelas ( PTK) yang terbagi ke dalam dua siklus perbaikan pada materi jika bumi berhenti berputar, dengan menggunakan model inquiry menunjukan bahwa aktivitas belajar peserta didik meningkat dari ketuntasan 52,6% pada kegiatan siklus I dan menjadi 92,1% pada kegiatan siklus II dan nilai prestasi peserta didik juga menjadi bertambah yang berawal dari 70 pada siklus I menjadi bertambah nilai yang dihasilkan yaitu 90 pada siklus II, ini mengartikan bahwa penerapan model inquiry pada akttifitas belajar mengajar dapat meningkatkan prestasi pada peserta didik.
Copyrights © 2024