Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena tentang faktor-faktor penghambat dalam pemilihan studi lanjutan. Pemilihan studi lanjut merupakan salah satu tugas perkembangan khususnya bagi remaja dimana studi lanjut adalah salah satu kebutuhan bagi siswa yang mempunyai motivasi atau keinginan serta dorongan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Temuan fenomena di lapangan melalui observasi dan wawancara dengan guru BK serta siswa adalah adanya hambatan dalam pemilihan studi lanjutan pada siswa dari dalam diri maupun luar. Hal tersebut yang menjadi dasar tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang menghambat dalam pemilihan studi lanjutan pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survey. Untuk populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi yaitu sejumlah 273 siswa. Dan teknik penarikan sampel pada penelitian iniĀ  menggunakan teknik simple random sampling dengan signifikansi 5% maka didapat sampel pada penelitian ini adalah 162 siswa kelas XI SMA Negeri 10 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan instrument (angket). Untuk mengetahui ketepatan dan keabsahan instrument ini dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan bantuan program SPSS 25. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif persentase menggunakan rumus formula C. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal yang menghambat pemilihan studi lanjutan pada siswa kelas XI sebesar 53%, sedangkan faktor eksternal yang menghambat pemilihan studi lanjutan siswa kelas XI sebesar 53,7%. Kesimpulannya adalah siswa memiliki hambatan pada kedua faktor berada pada indikator kondisi fisik dan indikator teman.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023