Kecemasan berbicara di depan umum dapat dialami oleh semua orang tak terkecuali pada siswa di sekolah. Salah satu kompetensi yang yang harus dimiliki oleh siswa yaitu berbicara di depan umum, Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti di lokasi kejadian bahwa terdapat masalah mengenai kecemasan berbicara di depan umum yang dialami siswa kecemasan bukanlah masalah yang sepele karena seseorang yang mengalami kecemasan tentunya akan sulit apabila diajak untuk berkomunikasi terlebih di depan umum. Penelitian yang berjudul Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Siswa Di SMA N 10 Kota Jambi bertujuan untuk mengungkap tingkat ada atau tidaknya pengaruh konsep diri terhadap kecemasan berbicara di depan umum di SMA N 10 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X denga n menggunakan teknik random sampling yang diambil secara acak dan memperoleh sampel sebanyak 71 siswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah item sebanyak 36 item untuk variabel konsep diri dan 38 item untuk variabel kecemasan berbicara di depan umum. Teknik analisis data menggunakan rumusan sederhana dan regresi untuk melihat besarnya pengaruh. Terdapat 65,59% persentase pengaruh konsep diri dan 58,70 persentase kecemasan berbicara di depan umum. Besarnya pengaruh konsep diri terhadap kecemasan berbicara di depan umum sebesar 47,2%. Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh konsep diri terhadap kecemasan berbicara di depan umum.
Copyrights © 2024