Jurnal Paramaedutama
Vol 1 No 3 (2024): Paramaedutama

Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Di SMP Negeri 5 Kota Jambi

Isnaini, Maya (Unknown)
Amanah , Siti (Unknown)
Gutji, Nelyahardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena siswa yang masuk dilingkungan sekolah baru dan harus menyesuaikan diri. Siswa juga harus mentaati peraturan yang ada dilingkungan sekolah barunya agar menjadi siswa yang disiplin. Beberapa bentuk penyesuaian diri yang baru seperti mentaati peraturan, berinteraksi dengan teman baru, bersikap ramah dan sopan santun terhadap guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh kedisiplinan terhadap penyesuaian diri siswa di lingkungan sekolah SMP Negeri 5 Kota Jambi. Adapun fokus pada penelitian ini yaitu penyesuaian diri yang dimaksud dalam penelitian ini adalah penyesuaian sosial yang merupakan penyesuaian yang dilakukan individu terhadap lingkungan di luar dirinya, seperti lingkungan sekolah. Untuk kedisiplinan dalam penelitian ini terfokus pada siswa yang tidak mentaati peraturan sekolah. Siswa yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket, dan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyakn 126 siswa. Untuk mengetahui ketetapan instrument, dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan formula c, uji normalitas, uji linearitas, serta analisis regresi sederhana dibantu program spss 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kedisiplinan terhadap penyesuaian diri siswa di lingkungan sekolah dan berada pada persentase 34,2% atau 0,342 dengan klasifikasi Cukup Kuat. Hendaknya guru/pihak sekolah memperhatikan tentang kedisiplinan siswanya dan bagaimana siswanya dapat menyesuaikan dengan lingkungan sekolah nya yang baru. Jika kedisiplinanya baik maka akanberdampak positif pada sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Paramaedutama dengan nomer ISSN 3025-3039 (cetak) dan ISSN 2988-6996 (online) merupakan publikasi ilmiah yang menerima setiap tulisan dibidang pendidikan dan kebudayaan, seperti manajemen pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pembelajaran dan ...