Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Vol. 3 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah

PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM INDUSTRI HALAL DI INDONESIA: MEMBANGUN INTEGRITAS DAN KESEJAHTERAAN EKONOMI

Parida Parida (Unknown)
Ratiwi Ratiwi (Unknown)
Yuliana Yuliana (Unknown)
Zulfikar Zulfikar (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Industri halal telah menjadi sektor yang semakin penting dalam perekonomian Indonesia, mengingat populasi Muslim yang besar dan permintaan global akan produk halal. Dalam konteks ini, penerapan etika bisnis Islam menjadi esensial untuk memastikan keberlanjutan dan kepercayaan konsumen dalam industri ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik dan penerapan etika bisnis Islam dalam industri halal di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan analisis kualitatif terhadap beberapa perusahaan industri halal terkemuka di Indonesia. Temuan menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam meliputi prinsip-prinsip tauhid, kejujuran, manfaat, tanggung jawab, dan keadilan, serta mencakup aspek-aspek seperti manajemen, pemasaran, dan produk. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi bisnis, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memperkuat penerapan etika bisnis Islam dalam industri halal, yang dapat meningkatkan keberlanjutan industri dan memperkuat posisi Indonesia dalam pasar global.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tashdiq

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah adalah jurnal yang terbit 3 kali setahun pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal ini merupakan jurnal kajian ilmu agama, tidak hanya mengacu pada satu agama saja, ada 6 agama yang diakui di Indonesia bisa diterima pada jurnal ini. Selain itu jurnal ini ...