Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Vol. 4 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah

ANALISIS PERSPEKTIF IBNU KHALDUN TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

Isnaniah, Isnaniah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Ibnu Khaldun ialah salah satu figur sentral mengenai pemikirannya dalam membahas pendidikan, sehingga ia dikenal sebagai filsuf sosiologi Islam karena menghadirkan gagasan yang mengingatkan manusia tentangpentingnya pendidikan dalam memahami, menafsirkan, dan menghargai berbagai kejadian alam dalam kehidupan. Salah satu karya Ibnu Khaldun yang terkenal yaitu Muqaddimah, ia menekankan pentingnyapendidikan tanpa mengenal batasan usia, waktu, dan tempat. Pemikiran ini berasal dari kenyataan bahwa manusia pada dasarnya senantiasa berpikir, berkreasi, dan beraktivitas untuk mencapai tujuan hidup melalui cara tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan mengenai berbagai konsep pendidikan Islam berdasarkan dari perspektif Ibnu Khaldun. Metode penelitian yang digunakan adalah studikepustakaan (Library Research). Adapun hasil dari penelitian ini ialah mengenai perspektif Ibnu Khaldun yang meliputi tujuan pendidikan Islam, guru/pendidik, siswa/peserta didik, kurikulum pendidikan Islam,dan metode pendidkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tashdiq

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah adalah jurnal yang terbit 3 kali setahun pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal ini merupakan jurnal kajian ilmu agama, tidak hanya mengacu pada satu agama saja, ada 6 agama yang diakui di Indonesia bisa diterima pada jurnal ini. Selain itu jurnal ini ...