Madani : Journal of Social Sciences and Social Science Education
Vol. 2 No. 1 (2024): Februari 2024

DAMPAK APLIKASI TIKTOK TERHADAP PERILAKU SOSIAL GENERASI Z DI DESA GEJUGAN KECAMATAN PAJARAKAN KABUPATEN PROBOLINGGO

BABUL BAHRUDIN, BABUL BAHRUDIN (Unknown)
Silviyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak aplikasi Tiktok  terhadap perilaku generasi Z di Desa Gejugan Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo. Fokus kajiannya yaitu 1) dampak aplikasi tiktok terhadap perilaku generasi Z di Desa Gejugan Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo, 2) peran orang tua terhadap perubahan anak akibat penggunaan aplikasi Tiktok.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam,observasi dan dokumentasi. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau  kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi tiktok sangat berdampak terhadap perilaku sosial remaja baik itu dampak negatif maupun juga dampak positif yaitu 1) kecanduan dan lupa waktu, 2) merubah gaya hidup dan norma sosial, 3) berpengaruh terhadap kemampuan interaksi sosial remaja, 4) terpaparnya konten yang tidak pantas. Dampak positifnya yaitu membantu sebagai bahan pembelajaran atau membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah, serta juga memberikan informasi-informasi baru. Peran orang tua dalam mengatasi dampak dari penggunaan aplikasi Tiktok yaitu dengan menasehati, melarang, diberikan teguran, dan sebagainya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

madani

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Madani is an open access journal as a forum for publishing scientific articles published by Tadris IPS Islamic University of Zainul Hasan. Published articles can be in the form of results of research and studies on current issues in the perspective of social science and social education. This ...