Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah
Vol. 7 No. 1 (2024): Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah

ANALISIS SISTEM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SPNF-SKB KABUPATEN BOGOR

Nazila Agustin (Unknown)
Yusiyaka, Rahmi Alendra (Unknown)
Herawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2024

Abstract

Penelitian yang bertujuan mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran pendidikan anak usia dini di SPNF-SKB Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel penelitian ini sebanyak 6 orang yang terdiri dari 1 kepala SPNF-SKB, 2 tutor pendidikan anak usia dini dan 3 orang tua murid. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, perencanaan pembelajaran yang dilakukan setiap tahun ajaran baru oleh tutor pendidikan anak usia dini dan kepala SPNF-SKB Kabupaten Bogor. Pelaksanaan pembelajaran disesuaikan berdasarkan kelompok usia dengan memenuhi tahapan-tahapan pembelajaran yang meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Evaluasi pembelajaran dilakukan selama proses kegiatan pembelajaran dengan rutin dan berkesinambungan dengan menggunakan tabel capaian pembelajaran dan catatan anekdot. Pengawasan pembelajaran dilakukan setiap bulan oleh kepala SPNF-SKB Kabupaten Bogor dengan mengamati perencanaan kegiatan pembelajaran. Faktor pendukung dan penghambat dari pengelolaan pembelajaran di SPNF-SKB Kabupaten Bogor terdapat dari pihak internal dan eksternal. Kata kunci: Pengelolaan, Pembelajaran, PAUD, SPNF-SKB

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

OBORPENMAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal OBOR PENMAS dibangun untuk mengkombinasikan hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dapat memberikan kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan serta implementasi terhadap pendidikan masyarakat yang mencakup peadagogy, andragogy, penyuluhan dan pemberdayaan ...