Assyfa Journal of Islamic Studies
Vol. 2 No. 1 (2024): Assyfa Journal of Islamic Studies (June)

Metode Internalisasi Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Untuk Membentuk Karakter Siswa di SMP Darussalam Argomulyo Tanggamus

Rahman, Habib (Unknown)
Jannah, Siti Roudhotul (Unknown)
Syafei, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis proses internalisasi dalam menanamkan nilai-nilai akhlak untuk membentuk karakter siswa di SMP Darussalam Argomulyo Kabupaten Tanggamus. (2) Untuk menganalisis dampak metode internalisasi dalam menanamkan nilai-nilai akhlak untuk membentuk karakter siswa di SMP Darussalam Argomulyo Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research, yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini diharapkan dapat mengungkap gambaran mengenai realitas sasaran penelitian, yakni tentang metode internalisasi dalam menanamkan nilai-nilai akhlak untuk membentuk karakter siswa di SMP Darussalam Argomulyo Kabupaten Tanggamus. Dampak pelaksanaan internalisasi nilai-nilai akhlak Islam dalam membentuk karakter siswa SMP Darussalam Argomulyo Kabupaten Tanggamus yakni berupa pembiasaan diri dari kegiatan yang dilakukan oleh para siswa seperti melaksanakan shalat berjamaah, mengucapkan salam dan berjabat tangan ketika bertemu guru, menjaga sopan santun kepada orang lain, berpakaian rapi sesuai syariat, bergotong royong untuk membersihkan lingkungan dan lain-lain. Dampak paling menonjol ialah berupa tingkah laku mereka yang lebih santun utamanya kepada guru dan menurunnya tingkat pelanggaran disiplin siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ajis

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

he main purpose of the AJIS: Assyfa Journal of Islamic Studies is to publish the empirical original and primary research pertaining to Islamic education across all ages and educational levels both qualitative and quantitative research. A secondary purpose of the Journal is the occasional publication ...