Infrastruktur jalan di Indonesia dominan memakai jenis perkerasan kaku (rigid pavement), khususnya jalan pedesaan. Pelaksanaan pekerjaan jalan pedesaan tipikal berupa padat karya. Sehingga untuk mencapai pemadatan tanah (subgrade) yang direncanakan akan sulit tercapai. Pembebanan pada jalan pedesaan memiliki karakter unik karena beban sering kali mengalami fluktuatif yang besar (overloading). Overloading beban jalan pedesaan dapat menimbulkan masalah bagi perkerasan kaku tersebut. Oleh sebab itu, diperlukan penelitian mengenai lendutan pelat perkerasan kaku dengan variasi nilai CBR tanah dasar. Penelitian ini menggunakan variasi nilai CBR tanah dasar sebesar 5,77%, 8,12%, dan 12,83% pada mutu beton 35 MPa. Berdasarkan hasil teoritis dan eksperimen, nilai CBR tanah dasar memengaruhi lendutan pelat perkerasan kaku. Pada pembebanan sebesar 200 kN, variasi nilai CBR tanah dasar 5,77%, 8,12%, dan 12,83% menghasilkan lendutan teoritis berturut-turut sebesar 5,04 mm, 4,25 mm, dan 3,41 mm. Sedangkan, hasil lendutan eksperimen berturut-turut sebesar 5,29 mm, 4,48 mm, dan 2,31 mm. Hal ini membuktikan hasil lendutan teoritis dan eksperimen tidak berbeda jauh dan sesuai dengan hipotesis. Selain itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin tinggi nilai CBR tanah dasar maka lendutan spesimen yang terjadi akan semakin kecil. Kata kunci: BoEF (Beam on Elastic Foundation), CBR tanah dasar, Lendutan, Perkerasan kaku
Copyrights © 2024