Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa melalui kegiatan hari wajib literasi kelas V SDI Utaseko. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahapan-tahapan kegiatan pendampingan ini terdiri dari 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, dan 3) evaluasi. Gerakan literasi sekolah melalui kegiatan hari wajib literasi di SDI Utaseko memberikan dampak positif bagi kemajuan minat baca dan juga menjadikan siswa lebih memahami apa yang dibacakan. Siswa tidak hanya mampu membaca dengan baik namun lebih dari pada itu yakni dapat memahami apa yang telah dibacakannya dalam teks. Hal ini berpengaruh pada hasil yang diperoleh pada postest AKM yang menunjukkan bahwa siswa sudah benar-benar dapat membaca dan memahami. Perubahan signifikan dari pretes dengan postest menandakan keberhasilan dari program kegiatan yang diadakan oleh pengabdi.
Copyrights © 2024