Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol. 3 No. 1: Juni 2024

Efektivitas Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Yanti Situmorang, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Efektivitas Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa merupakan tantangan yang harus diatasi  untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Untuk mengatasi hal ini, telah dilakukannya  dengan menerapkan strategi kolaboratif. Isu pokok yang diidentifikasi adalah rendahnya keterlibatan siswa dan kurangnya keterampilan kolaboratif dalam pembelajaran. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa, dan memperkuat pembelajaran kolaboratif berbasis teknologi . Metode yang digunakan adalah penerapan berbagai teknik kolaboratif seperti pembentukan kelompok kerja heterogen, penyusunan tugas kolaboratif, fasilitasi diskusi, monitoring dan bimbingan, serta evaluasi kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat membantu siswa belajar lebih baik, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, dan memperkaya materi pembelajaran. Namun, teknologi juga memiliki kekurangan atau efek negatif, seperti ketergantungan yang berlebihan padanya dan kemungkinan gangguan konsentrasi. Oleh karena itu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran harus dilakukan dengan pengelolaan yang tepat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan adalah jurnal yang ditebitkan PT. Bangun Harapan Bangsa untuk memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian lapangan atau studi literatur dengan ruang lingkup teknologi pendidikan dengan kajian pengembangan kurikulum terutama disain, pengembangan, pemanfaatan berbagai ...