Abstrak Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keluarga broken home terhadap motivasi belajar siswa, sesuai dengan permasalahan yang dijadikan dalam kegelisahan akademik peneliti bahwa apakah ada hubungan antara keluarga yang mengalami broken home dengan motivasi belajar siswa. Kuanitatif menjadi pilihan peneliti dalam menggali informasi sehingga data dan pakta dilapangan lebih mendalam dan data dapat teruji dengan akurat, kemudian penelitian ini dalam menganalisa proglem tersebut dengan analisis Uji Normalitas, Uji Linearitas dan Uji Hipotesis. Maka penelitian ini menghasilkan Berdasarkan hasil perhitungan analisis variabel yang dilakukan dimana nilai r hitung lebih kecil dari r tabel dengan taraf signifikasi 5%. Dimana nilai r hitung adalah sebesar 0,192 dan r table yaitu 0,374. Hal ini menunjukkan bahwa r hitung < dari r table maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa 3,68% motivasi belajar ditentukan oleh keluarga broken home, selebihnya ditentukan oleh hal lain seperti faktor eksternalnya yaitu karena adanya penghargaan dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2023 di Mts NW Pendem Kecamatan Janapria
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024