Abstrak Tingkat daya ingat begitu signifikan hubungannya terhadap belajar pythagoras. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh yang signifikan antara tingkat daya ingat siswa terhadap prestasi belajar matematika pythagoras di SMP Negeri 3 Angkola Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Angkola Selatan yang terdiri 129 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak berjumlah 30 orang. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan 2 cara yaitu pertama analisis deskriptif untuk melihat gambaran secara umum dari kedua variabel. Sedangkan yang kedua adalah analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji spearman. Sedangkan untuk menjaring data yang diperlukan dilakukan dengan angket dan tes. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata tingkat daya ingat siswa 3,13, jika rata-rata diinterpretasikan dengan kriteria penilaian berada pada kategori “Cukup”. Sedangkan prestasi belajar matematika pythagoras memiliki rata-rata 66,3 berada pada kategori “Cukup”. Hasil perhitungan uji -test diperoleh hitung = 0,561 sedangkan pada taraf signifikan 5% diperoleh tabel = 0,364. Jadi hitung > tabel atau (0,561 > 0,364) maka hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian dapat diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat daya ingat siswa terhadap prestasi belajar matematika pythagoras di SMP Negeri 3 Angkola Selatan.
Copyrights © 2023