Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari gaya belajar kolb pada siswa kelas VIII SMPN 30 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis, angket gaya belajar kolb, dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMPN 30 Makassar sebanyak 4 siswa yaitu 1 siswa dengan gaya belajar diverger, 1 siswa dengan gaya belajar assimilator, 1 siswa dengan gaya belajar konverger dan 1 siswa dengan gaya belajar acomodator. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tringulasi teknik/metode. Teknik analisis yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis dengan subjek gaya belajar diverger dapat memenuhi 3 semua indikator, (2) kemampuan komunikasi matematis dengan subjek gaya belajar assimilator dapat memenuhi 3 indikator, (3) kemampuan komunikasi matematis dengan gaya belajar konverger dapat memenuhi 3 indikator, dan (4) kemampuan komunikasi matematis dengan gaya belajar acomodator dapat memenuhi 3 indikator.
Copyrights © 2024