INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 2 No. 2 (2024): JUNI 2024

PENGARUH PENDIDIKAN BILINGUAL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF (SEBUAH STUDI PUSTAKA PADA ANAK USIA DINI)

Silviani (Unknown)
Putri Trian Pradita (Unknown)
Ichsan Fauzi Rachman (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Di era globalisasi menjadi bilingual adalah sebuah tuntutan khususnya penguasaan bahasa Inggris. Sehingga para orang tua berbondong-bondong mengajarkan anaknya belajar bahasa Inggris dari sejak kecil seperti, dengan memasukkannya ke sekolah yang sudah menerapkan pendidikan bilingual di mana bahasa inggris menjadi bahasa pengantar juga dalam kegiatan belajar mengajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari adanya pendidikan bilingual yang menjadikan seseorang bilingualisme terhadap perkembangan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan penelitian library research atau penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kepustakaan merupakan penelitian yang dilakukan dengan menganalisis data yang bersumber dari artikel, buku, atau apa pun itu yang dapat dipercaya. Oleh karena itu penelitian kualitatif dilakukan dengan desain di mana hasil penelitiannya tidak dituangkan dalam berupa angka namun dituangkan ke dalam deskripsi-deskripsi dan menjadikan sumber-sumber yang telah ditemukan sebagai kunci instrumen penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bilingualisme berpengaruh baik terhadap perkembangan kognitif anak meskipun ada pernyataan seperti rasa kekhawatiran akan terjadinya speech delay. Sehingga tidak perlu lagi takut jika anak kecil sudah diajarkan bahasa asing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...