Riset ini didasari oleh kurangnya ketrampilan literasi matematis dan keaktifan murid, yang satu diantaranya diakibatkan oleh model pengajaran yang belum beragam dengan begitu murid kurang aktif dalam proses belajar. Karenanya, riset ini bertujuan guna memahami perbedaan dalam ketrampilan literasi matematis dan keaktifan murid setelah memanfaatkan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Creat). Riset ini termasuk riset kuantitatif jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi pada riset ini ialah semua murid yang terdapat di kelas VIII SMPN 02 Ciruas. Metode penghimpunan informasi dengan memanfaatkan tes literasi matematis dan kuesioner keaktifan siswa. Analisis informasi dilaksanakan dengan uji coba independent sample t-Test, serta uji analisis deskriptif kuesioner. Temuan riset ini diketahui memanfaatkan uji independent sample t-Test mendapat angka Sig. (2-tailed) senilai 0,036 < 0,05 dengan begitu H0 mendapat penolakan dan H1 disetujui maka terindikasi perbedaan dalam kemampuan literasi matematis murid setelah menggunakan model pembelajaran RADEC. Hasil rata-rata presentase kuesioner keaktifan siswa setelah menggunakan model pembelajaran RADEC adalah 89% dengan klasifikasi sangat baik, maka terindikasi keaktifan siswa setelah menggunakan model pembelajaran RADEC.
Copyrights © 2024