Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perjuangan menuju cahaya pendidikan dalam novel "Educated" karya Tara Westover dari perspektif autobiografi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teori autobiografi sebagai landasan analisis. Sumber data penelitian berupa kutipan kalimat dari novel yang menggambarkan perjalanan hidup penulis dalam memperoleh pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel ini menggambarkan transformasi Tara dari anak yang tidak berpendidikan menjadi akademisi melalui perjuangan yang melibatkan pencarian identitas diri, konflik dengan keluarga, serta trauma masa kecil. Pendidikan memainkan peran kunci dalam pembentukan identitas Tara, tetapi juga menciptakan jarak dengan keluarganya yang fanatik. Autobiografi ini memberikan wawasan tentang konteks sosial dan budaya yang mempengaruhi kehidupan Tara serta menggambarkan kompleksitas identitas yang terbentuk oleh pengalaman-pengalaman unik dan menantang. Novel "Educated" dapat digunakan sebagai alat bantu pemahaman terhadap berbagai disiplin ilmu dan memberikan kontribusi terhadap dunia ilmu pengetahuan dan budaya di Indonesia.
Copyrights © 2024