INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 2 No. 2 (2024): JUNI 2024

PERJUANGAN MENUJU CAHAYA PENDIDIKAN PADA NOVEL EDUCATED (TERDIDIK) KARYA TARA WESTOVER: ANALISIS AUTOBIOGRAFI

NurAinun Pratidina (Unknown)
Suarni Syam Saguni (Unknown)
Imelia Kristi Rante Allo (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perjuangan menuju cahaya pendidikan dalam novel "Educated" karya Tara Westover dari perspektif autobiografi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teori autobiografi sebagai landasan analisis. Sumber data penelitian berupa kutipan kalimat dari novel yang menggambarkan perjalanan hidup penulis dalam memperoleh pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel ini menggambarkan transformasi Tara dari anak yang tidak berpendidikan menjadi akademisi melalui perjuangan yang melibatkan pencarian identitas diri, konflik dengan keluarga, serta trauma masa kecil. Pendidikan memainkan peran kunci dalam pembentukan identitas Tara, tetapi juga menciptakan jarak dengan keluarganya yang fanatik. Autobiografi ini memberikan wawasan tentang konteks sosial dan budaya yang mempengaruhi kehidupan Tara serta menggambarkan kompleksitas identitas yang terbentuk oleh pengalaman-pengalaman unik dan menantang. Novel "Educated" dapat digunakan sebagai alat bantu pemahaman terhadap berbagai disiplin ilmu dan memberikan kontribusi terhadap dunia ilmu pengetahuan dan budaya di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...