ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)
Vol 5, No 1 (2024): Maret

Peningkatan Pengelolaan Kelas Guru MI di Kecamatan Bandongan Melalui Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif

Franita, Yesi (Unknown)
Hendrastuti, Zuida Ratih (Unknown)
Nurizkytha, Ervinna (Unknown)
Setiawan, Rifqi Ahlul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi adanya permasalahan mitra, yaitu masih banyaknya guru di MIS Raudlatuddin Salamkanci dan MIS Al Ulum Wonolelo Kecamatan Bandongan yang menggunakan metode dan model pembelajaran konvensional berupa ceramah dalam mengajar, sehingga situsi pembelajaran cenderung monoton dan kurang menarik minat siswa. Selain itu, minimnya pelatihan yang diterima oleh guru dari kedua sekolah mitra membuat para guru juga memiliki referensi yang terbatas terkait model-model pembelajaran kooperatif. Program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pengelolaan kelas melalui pengembangan dan penerapan model pembelajaran kooperatif, sehingga pengetahuan yang diperoleh selama kegiatan pelatihan dan pendampingan dapat langsung digunakan oleh guru di kelas. Pelatihan dilaksanakan dengan ceramah dan diskusi, praktik merancang model pembelajaran, dan simulasi penggunaan model pembelajaran. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan sebagai evaluasi kegiatan ini berupa angket respon peserta. Hasil dari kegiatan ini, yakni meningkatnya kemampuan dan keterampilan guru-guru dari kedua sekolah mitra dalam hal merencanakan, mengembangkan, dan menerapkan model-model pembelajaran kooperatif. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan, secara garis besar dapat disimpulkan bahwa guru dari sekolah mitra mendapatkan manfaat dari kegiatan pengabdian dalam hal peningkatan pengelolaan kelas melalui merancang, mengembangkann, dan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan rerata sebesar 85% dan merasa cukup puas dengan kegiatan yang dilaksanakan berdasarkan angket respon peserta dengan persentase sebesar 82,63%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdipraja

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu di antaranya: Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Kedokteran Kesehatan Teknik Bahasa Ekonomi Sosial Humaniora Agama dan Filsafat Seni Desain dan ...