Puskesmas merupakan salah satu instansi pemerintah yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan masyarakat di tingkat kecamatan. Peran puskesmas sangatlah penting dalam menopang kinerja dari instansi kesehatan diatasnya seperti rumah sakit, sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan kesehatan masyarakat. Puskesmas Kepenuhan Hulu memiliki aktifitas pelayanan seperti proses pendaftaran pasien, rekam medis, pendataan apotek. Saat ini sistem pengolahan data pasien pada tiap bagian masih dikerjakan dengan cara sistem manual atau belum memanfaatkan sistem informasi Puskesmas. Dengan masih digunakannya sistem manual dan beberapa puskesmas sudah menggunakan Simpuskesmas, maka muncul berbagai permasalahan dalam pengolahan data pasiennya. Masalah-masalah ini diantaranya adalah tingginya tingkat kesalahan dalam pengolahan data pasien (data pendaftaran, data pemeriksaan, data rujukan, dan data laboratorium) dan lambatnya proses pelayanan pasien misalnya pendataan dan pencarian data pasien. Hasil dari penelitian ini adalah dibangunnya sebuah sistem informasi manajemen pada Puskesmas Kepenuhan Hulu. Sistem informasi manajemen ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja puskesmas. Sehingga kualitas dan mutu pelayanan menjadi meningkat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024