Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan teknik relaksasi attention focusing excercises untuk mengurangi stres akademik siswa MAN 1 (proram keagamaan) Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 (Pendidikan keagamaan) Jember dengan sampel sebanyak 10 siswa. Metode pengumpulan data dengan mengunakan, kuesioner, rubrik penilaian analitik,observasi, dan wawancara. Sebelum disebarkan angket diuji validasi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian adalah : Terdapat pengaruh penerapan teknik relaksasi attention focusing excercises untuk mengurangi stres akademik siswa MAN 1 (Program Keagamaan) Jember. Hal ini dibuktikan setelah pemberian treatment dengan teknik relaksasi selama 4 kali intervensi terdapat hasil perhitungan rata-rata pada saat pretest dan posttest mengalami pengurangan tingkat stres akademik siswa. Pada pretest diperoleh skor rata-rata 149 dan skor rata-rata pada posttest pertama adalah 143 dengan selisih 6 poin skor, postest kedua 135 dengan selisih 8 poin skor, posttest ketiga 124 dengan selisih 11 poin skor, dan postest terakhir 115 dengan selisih 9 poin skor. Dan didapatkan pada anilisis data menggunakan Uji Wilcoxon Match Pairs Testnilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar .005 yang berarti lebih kecil daripada 0,05 maka bisa diartikan bahwa ada perbedaan tingkat stres akademik siswa yang signifikan untuk pretest dan posttest (hipotesis diterima). Maka dapat diambil kesimpulan bahwa teknik relaksasi attention focusing bahwa ada perbedaan pada tingkat stres mahasiswa tingkat akhir yang signifikan
Copyrights © 2024