Hajar Azizatul Ulya. 2023. Pengaruh Teknik Motivational Interviewing Terhadap Motivasi Belajar Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII Di Muhammadiyan Boarding School Tanggul. Skripsi, Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Jember. Pembimbing: (I) HBA. Jaya Wardhana, M.Si dan (II) Bhennita Sukmawati, M.Psi Penelitian ini membahas tentang pengaruh teknik motivational interviewing terhadap motivasi belajar menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII di Muhammadiyah Boarding School Tanggul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas VIII Muhammadiyah Boarding School Tanggul dengan sampel sebanyak 6 siswa. Metode pengumpulan data dengan mengunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian yakni : Ada pengaruh layanan teknik motivational interviewing terhadap motivasi belajar menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII. Diketahui bahwa nilai Z adalah -2,207, dihasilkan besaran Asymp. Sig. (2-tailed)nya 0,027 dibawah dari 0,05 maka kesimpulannya ada peningkatan motivasi siswa, dengan hasil perhitungan tersebut bahwa layananan teknik motivational interviewing bepengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di Muhammadiyah Boarding School Tanggul.
Copyrights © 2024