Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP)
Vol. 2 No. 1 (2024): Januari

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI MELALUI KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 15 MATARAM

SONNY GUNAWAN, I MADE (Unknown)
AHMAD, HARIADI (Unknown)
HELMI, SRI (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi berprestasi melalui konseling kelompok cognitivebehavior therapy pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Mataram. Penelitian ini menggunakan desainpenelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Sampel penelitian ini adalah populasi di kelas VIII-1msebanyak 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasiberprestasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teknik persentase. Hasil penelitianmenunjukan konseling kelompok cognitive behavior therapy (CBT) efektif dapat meningkatkan motivasiberprestasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan Ilmu Pendidikan dan ...