JURNAL EDUAKSI (Jurnal Edukasi dan Penelitian Tindakan Kelas)
Vol. 3 No. 1 (2024): Eduaksi

PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SDN 1 KALIGUNG

FADLI, M (Unknown)
Utami, Muslimah (Unknown)
Mushofa (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia pada pokok dalam pelaksanaan bimbingan dalam mengembangkan kemampuan membaca siswa di kelas 1 ,SDN 1 Kaligung Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi .subjek penelitian adalah siswa kelas 1.penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dalam Teknik pengumpulan data menggunakan metode Observasi disekolah dengan guru kelas, studi dokumentasi , wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif dengan membandingkan hasil belajar siswa sebelum tindakan dan setelah tindakan.berdasarkan dari Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan belajar dalam meningkatkan membaca siswa dapat meningkatkan membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia, Adapun diperoleh 75 % siswa yang bisa dan 30% yang belum bisa, Nilai mencapai standar . dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduaksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Eduaksi merupakan artikel penelitian dan kajian tentang teori pendidikan, penelitian pendidikan bahasa dan sastra indonesia, pendidikan matematika, pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan anak usia dini, pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan, media pembelajaran pendidikan, pengembangan ...