Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis berisikan materi pembelajaran dan dapat memudahkan peserta didik belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berupa modul pada materi Dekorasi Siraman Pengantin Adat Jawa Tengah di program studi Pendidikan Tata Rias. Pembuatan modul ini dimaksudkan sebagai sumber belajar mandiri yang dapat digunakan sebagai pedoman pada materi dekorasi siraman pengantin adat Jawa Tengah baik secara teori maupun praktek. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D (Define, Design, Development, Dissemination) oleh Thiagarajan. Sasaran penelitian dan pengembangan yang digunakan sebagai objek dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta yang telah mengambi mata kuliah Seni Dekorasi Ruang Khusus Tata Rias tahun 2019 dan 2020. Evaluasi modul pembelajaran melalui uji validitas dan uji praktikalitas. Validasi modul dilakukan oleh seorang ahli media memperoleh nilai sebesar 95,714% dan seorang ahli materi memperoleh nilai sebesar 97,778% yang artinya modul pembelajaran tersebut layak. Hasil uji coba terbatas memperoleh nilai sebesar 81,904%, sedangkan uji coba skala besar memperoleh nilai sebesar 90,133%, yang artinya modul pembelajaran tersebut praktis. Dengan demikian, hasil pengembangan modul pembelajaran Dekorasi Siraman Pengantin Adat Jawa Tengah dinyatakan layak dan praktis.
Copyrights © 2024