Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha
Vol. 8 No. 1 (2024)

Kajian Literatur Peran Artificial Intelligence dalam Mendukung Strategi Pembelajaran Diferensiasi pada Mata Pelajaran Kimia di Sekolah

Muhammad, Ridwansyah (Unknown)
Larasati, Herlin Alfiana (Unknown)
Susanti, Revi (Unknown)
Pakaenoni, Frederich (Unknown)
Rahmadani, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran kimia di sekolah sering kali menghadapi tantangan akibat kurangnya variasi dan diferensiasi dalam proses, produk, dan konten pembelajaran. Siswa memerlukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan yang berbeda-beda. Kajian literatur ini mengeksplorasi peran Artificial Intelligence (AI) sebagai solusi untuk mendukung strategi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran kimia di sekolah. Kajian literatur menggunakan narrative literature review bertujuan untuk mengidentifikasi dan merangkum artikel-artikel yang telah dipublikasikan sebelumnya tanpa ada kritikan terhadap artikel yang ditinjau. AI memiliki peranan besar dalam meningkatkan pembelajaran kimia, namun peran guru tetap penting. Kombinasi antara kecerdasan buatan dan pendekatan manusia dapat memberikan hasil pembelajaran yang optimal. AI memiliki kelebihan dalam menyajikan materi personal dan mendukung pembelajaran berbasis diferensiasi. Kajian literatur ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pendidik dan pengembang kurikulum untuk memanfaatkan AI secara optimal dalam mencapai pembelajaran diferensiasi yang efektif dan inklusif di bidang kimia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPK

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching of chemistry ...