Kegiatan penerapan alat permainan puzzle merupakan salah satumetode yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitifanak di TKK Negeri Pembina Turekisa, Metode penelitian ini adalahpenelitian kualitatif deskriptif ini yang bertujuan untuk mengetahuipenerapan alat permainan edukatif puzzle dalam mengembangkankemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan subjek gurudan anak yaitu 1 orang guru dan 12 peserta didik. Teknikpengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dandokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan alat permainan puzzle telah dilaksanakan, tetapi langkahlangkah dalam bermain puzzle belum sesuai dengan gabungan teoriSubagio dan Situmorang, masih ada satu langkah yang belumditerapkan yaitu Guru mengumpulkan berbagai jenis puzzle danmembebaskan anak untuk memilih berbagai jenis puzzle yang merekasukai. Dari hasil perkembangan Kognitif anak dilaksanakan melalui 2siklus. Siklus I BB (Belum berkembang) ada (0%), MB (MulaiBerkembang) ada (26-50%), BSH (Berkembang Sesuai Harapan)ada 51-75%, dan BSB (Berkembang Sangat Baik) 76-100%.
Copyrights © 2022