Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendesain media pembelajaran flash card untuk aspek aspek kemampuan kognitif anak usia dini 5-6 tahun di TKK Satap SDK Olabolo. Penelitian ini dilakuakan di TKK Satap SDK Olabolo. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran flash card untuk aspek aspek kemampuan kognitif anak usia dini 5-6 tahun di TKK Satap SDK Olabolo. Penelitian ini dilakuakan di TKK Satap SDK Olabolo. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini 5-6 tahun di TKK Satap SDK Olabolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, sedangkan model penelitian yang digunakan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas lima langkah yaitu: (1) analisis (analyze), (2) rancangan (design) (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), (5) evaluasi (evaluation). Media pembelajaran flash card yang dihasilkan melalui beberapa tahap uji coba ahli materi, ahli media, ahli desain, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Dengan adanya media dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengklasifikasikan gambar berdasarkan warna yang dikenal. Hal ini dapat dilihat dari uji kelayakan oleh ahli materi dengan memperoleh hasil 87% dengan predikat “Sangat Valid” karena produk ini sudah layak digunakan, perolehan nilai yang didapatkan dari ahli media 80% dengan predikat “Valid” dan pada hasil uji coba penggunaan produk kepada ahli media ini baik dilakukan tanpa revisi dan memiliki kategori baik, dan perolehan nilai yang didapat dari ahli desain yaitu 80% dengan predikat “Valid” karena RPPH yang dibuat layak digunakan. Uji coba perorangan persentase 100% dengan predikat “Sangat Valid” serta uji coba kelompok kecil persentase 100% dengan predikat “Sangat Valid”. Dengan demikian, media pembelajaran flash card yang sudah diuji coba oleh beberapa ahli dan pengguna media pembelajaran ini sudah di nyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Abstract This study aims to: 1) Design flash card learning media for aspects of cognitive abilities of early childhood 5-6 years at TKK Satap SDK Olabolo. This research was conducted at TKK Satap SDK Olabolo. 2) Knowing the feasibility of flash card learning media for aspects of cognitive abilities of early childhood 5-6 years at TKK Satap SDK Olabolo. This research was conducted at TKK Satap SDK Olabolo. The subjects in this study were early childhood 5-6 years at TKK Satap SDK Olabolo. This type of research is development research, while the research model used uses the ADDIE model. The ADDIE model consists of five steps, namely: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Flash card learning media produced through several stages of material expert trials, media experts, design experts, individual trials and small group trials. The presence of media can improve cognitive abilities in classifying images based on known colors. This can be seen from the feasibility test by material experts by obtaining 87% results with the predicate "Very Valid" because this product is suitable for use, the value obtained from media experts is 80% with the predicate "Valid" and the results of trials using the product to media experts are both carried out without revision and have a good category, and the value obtained from design experts is 80% with the predicate "Valid" because the RPPH made is suitable for use. 100% percentage individual trials with "Very Valid" predicate and 100% percentage small group trials with "Very Valid" predicate. Thus, flash card learning media that have been tested by several experts and users of this learning media have been declared suitable for use in the learning process.
Copyrights © 2024