Penelitian Tindakan kelas secara umum adalah penelitian penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Nahdatul Ulama (NU) Batangtoru. Secara khusus bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana proses perencanaan Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa; (2) mendeskripsikan bagaimana implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa (3) mendeskripsikan bagaimana evaluasi terhadap implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan (4) mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Nahdatul Ulama (NU) Batangtoru dengan menerapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilaksanakan dalam tiga kegiatan, di mana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. diawali dengan kegiatan pra-silklus, kegiatan siklus I dan kegiatan siklus II. Data hasil belajar siswa digali dari hasil evaluasi akhir pembelajaran. Data hasil kinerja siswa digali melalui pengamatan saat kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian (1) pada kegiatan pra-siklus, 13 orang siswa dari 22 orang siswa yang belum memenuhi semua kegiatan aktivitas siswa; (2) siklus I terdapat 15 orang siswa yang memenuhi semua kegiatan aktivitas siswa; dan (3) pada siklus II ada 19 siswa yang memenuhi semua kegiatan aktivitas siswa. Berkaca dari siklus II. Penilaian siswa dalam aspek kinerja tiap kegiatan terus meningkat. Kesimpulan, penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (PBL) mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Nahdatul Ulama (NU) Batangtoru.(PBL)
Copyrights © 2024