Journal of Education Management Research
Vol. 2 No. 1 (2024): JUNE 2024

Kontestasi Kebijakan Pendidikan Islam di Era Orde Baru dan Reformasi

Wahyudin, Aji (Unknown)
Akbar, Fadhil (Unknown)
Rohmad, Rohmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontestasi kebijakan pendidikan Islam di Indonesia selama era Orde Baru dan era Reformasi. Melalui pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi perbedaan dalam kontrol pemerintah, kurikulum, peran pesantren, pendekatan ideologis, kebijakan pemerataan pendidikan, dan implementasi kebijakan pada kedua periode tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan para ahli, akademisi, pengambil kebijakan, dan praktisi pendidikan Islam, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada era Orde Baru, kebijakan pendidikan Islam sangat dikontrol oleh pemerintah pusat dengan fokus pada homogenisasi dan penanaman nilai-nilai Pancasila. Kurikulum yang seragam dan pengawasan ketat terhadap pesantren mencerminkan upaya pemerintah untuk mengendalikan potensi radikalisasi. Di sisi lain, era Reformasi membawa perubahan signifikan dengan desentralisasi kekuasaan, memberikan otonomi lebih besar kepada institusi pendidikan untuk menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan lokal. Kebijakan ini juga lebih inklusif dan pluralistik, mencerminkan perhatian yang lebih besar terhadap keberagaman dan pemerataan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jemr

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Journal of Education Management Research (JEMR) is peer-reviewed and open. The fields of study in this journal include educational management, educational leadership, behavior and culture of educational organizations, and educational administration. Journal of Education Management Research (JEMR) ...