Jurnal Life Science
Vol. 2 No. 1 (2020)

Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) dengan Question Student Have (QSH) pada Konsep Ekosistem

Asep Rohayat (Unknown)
Ririn herlina (Unknown)
De Budi Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dengan Question Student Have (QSH) pada konsep ekosistem di kelas X MIA SMAN 16 Garut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen, dengan desain penelitian berbentuk Group Pretest and Posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA di SMAN 16 Garut tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri atas enam kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 1 dan X MIA 2 dengan jumlah tiap kelas yaitu 30 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling berdasarkan nilai rata-rata hampir sama atau merata. Pengambilan data penelitian menggunakan instrumen penelitian aspek kognitif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes tulis berbentuk tes objektif yang berupa soal pilihan ganda dengan tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil analisis data yang dilakukan pada pretest secara statistik diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 66 dan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen II sebesar 62. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa yang menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dengan Question Student Have (QSH) pada konsep ekosistem. Sedangkan untuk analisis data yang dilakukan pada Posttest secara statistik diperoleh nilai rata-rata antara kelas eksperimen I dan eksperimen II adalah sebesar 71 dan 68.. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dengan Question Student Have (QSH) pada konsep ekosistem di SMAN 16 Garut. Dan hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) lebih baik dari pada metode pembelajaran Question Student Have (QSH).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

LSciences

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Life Science (JLS) adalah jurnal yang menerbitkan dan mempromosikan penelitian pendidikan sains ilmiah. Jurnal ini mengkaji pendidikan dasar, menengah, tinggi, dan informal yang berkaitan dengan pendidikan sains. Dalam menerbitkan artikel ilmiah, JLS mencari artikulasi prinsip dan praktik ...