Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metodepembelajaran Kooperative Tipe Learning Starts With A Question pada Kegiatan Belajar Mengajar(KBM) di kelas. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen, yaitu eksperimen semu yangterdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XSMAN 27 GARUT dengan sampel sebanyak dua kelas. Penelitian disini peserta didik diberikan soalpretest dan posttest berupa soal Pilihan Ganda (PG) sebanyak 20 soal. Hasil tes pada kelaseksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 44,06 sedangkan nilai rata-rata pretes pada kelaskontrol sebesar 37,81. Sedangkan hasil posttest pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata–rata sebesar69,7 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata posttest 57,9. Diperoleh hasil pengujian pada uji tdengan hasil thitung sebesar 9,51 dan ttabel sebesar 1,994. Dapat dilihat nilai rata-rata hasil pretest danposttest terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran Kooperative Tipe Learning Starts With A Question. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proses Kegiatan Belajar Mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperative TipeLearning Starts With A Question berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 27GARUT.
Copyrights © 2021