Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 2 No. 4 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 2 Nomor 4 (April 2024

Usaha Peningkatan Kinerja UMKM Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi

Muliyani (Unknown)
Zikri Praya (Unknown)
Ahmad Albar Tanjung (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat kali ini berfokus pada peningkatan kinerja UMKM melalui pemanfaatan digital marketing dengan pelatihan penggunaan marketplace dan sosial media. Mitra dalam pengabdian ini adalah Usaha Tahu Pong Pak Sumantri yang terletak di Binjai, Sumatera Utara. Harapan dengan adanya pelatihan pemanfaatan digital marketing ini dapat meningkatkan kemandirian ekonomi masayarakat, khususnya pada ketrampilan pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan marketing secara global. Permasalahan yang diangkat adalah peningkasan area pemasaran, pemesanan produk dari konsumen dan peningkatan manajemen pemesanan produk dengan implementasi teknologi informasi. Solusi yang ditawarkan adalah pembuatan aplikasi marketplace dan sosial media. Kegiatan dilakukan dengan pendampingan, penyuluhan dan pelatihan penggunaan marketplace yang meliputi desain iklan, upload konten iklan di aplikasi marketplace, dan manajemen pemasaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...