Ezra Science Bulletin
Vol. 2 No. 2 (2024): July-December 2024

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE ABJAD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI TK SARI WANGI DESA BERENG JUN

Dr. Setinawati, M.T (Unknown)
Simon, Bernandus Louis (Unknown)
Novitasari, Silvi Indri Novitasari (Unknown)
Tamara, Rusdiana (Unknown)
Camelia (Unknown)
Ekatni, Triana (Unknown)
Dewi (Unknown)
Pransiska, Flora (Unknown)
Rika (Unknown)
Putri, Bella Isa (Unknown)
Anjelina (Unknown)
Putri , Yulia (Unknown)
Ruth Elisabeth (Unknown)
Nursusanti, Ayut (Unknown)
Hestia Alika K (Unknown)
Andreas (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2024

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan potensi manusia melalui proses pembelajaran. Pendidikan tidak hanya fokus pada transfer pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga pada pengembangan karakter, spiritualitas, dan kemampuan sosial individu sesuai dengan nilai-nilai budaya dan agama. Pengertian pendidikan melibatkan konsep pedagogi yang mencakup pembimbingan anak menuju kemandirian dan tanggung jawab. Minat belajar, yang merupakan dorongan intrinsik seseorang untuk menyukai dan berfokus pada suatu kegiatan, mempengaruhi efektivitas proses pendidikan. Minat ini dapat ditingkatkan melalui penggunaan media pembelajaran yang tepat, seperti puzzle abjad, yang menarik perhatian anak-anak dan mendorong partisipasi aktif mereka dalam kegiatan belajar. Di Desa Bereng Jun, implementasi media pembelajaran seperti puzzle abjad di TK Sari Wangi telah membantu meningkatkan keterampilan kognitif dan motorik anak, serta mengembangkan kemampuan sosial mereka. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan untuk mengumpulkan data sekunder yang relevan. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif dan pelatihan bagi guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan bagi anak-anak usia dini. Program ini diharapkan menjadi model bagi institusi pendidikan anak usia dini lainnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ezrascibin

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Social Sciences Other

Description

Ezra Science Bulletin is a open-access publication journal of research results, scientific research articles, conceptual articles, literature reviews, and/or ideas from various disciplines science. Ezra Science Bulletin is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical ...