VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal
Vol 18 No 2 (2023): VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal

Implementasi Kegiatan Bermain Berbasis Proyek dalam Stimulasi Karakter Anak Usia Dini

Pratiwi, Niken (Unknown)
Nurani, Yuliani (Unknown)
Novianti, Rahmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Pembentukan karakter pada generasi penerus bangsa menjadi perhatian penting yang perlu disiapkan sejak dini. Stimulasi karakter belum sepenuhnya dilaksanakan oleh pendidik di berbagai Lembaga PAUD secara optimal. Kegiatan bermain yang dirancang pendidik hanya berfokus pada keterampilan akademik, belum secara khusus memasukkan karakter dalam tujuan pembelajaran. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan program kegiatan bermain berbasis pendekatan proyek sebagai bentuk stimulasi karakter pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan pengembangan Program kegiatan bermain dan media pembelajaran berbasis digital untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan R and D yang terdiri dari dua tahapan, yaitu: (1) tahap pengembangan dan (2) tahap penerapan/implementasi di Lembaga PAUD di wilayah Jakarta Timur. Pada tahun pertama penelitian yaitu melakukan analisis proram sebagai rancangan pengembangan program stimulasi dan media untuk pembentukan karakter anak usia dini. Rancangan pengembangan disusun berdasarkan analisis pada 5 (lima) lembaga PAUD di wilayah DKI Jakarta. Hasil penelitian menghasilkan model pengembangan program stimulasi karakter anak usia dini berbasis pendekatan proyek yang dikembangkan sesuai analisis lapangan untuk membentuk karakter pada anak yaitu 1) Religius, 2) Mandiri, 3) Bertanggung Jawab, 4) Kerjasama dan Suka Menolong, 5) Peduli Lingkungan, dan 7) Bernalar Kritis dan Kreatif. Program stimulasi dirancang dengan membuat rancangan tema, program kegiatan mingguan, dan rancangan kegiatan harian. Program stimulasi yang telah dirancang oleh guru dapat menjadi acuan dalam mengembangkan karakter pada anak usia dini. Pengenalan karakter dilakukan melalui ragam kegiatan yang disusun oleh guru dan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan minat dan ketertarikan anak. Media pembelajaran yang digunakan juga dirancang dengan penggunaan media visual dan berbasis digital. Kegiatan bermain dilaksanakan melalui pendekatan berbasis proyek yang dilaksanakan melalui tahap pengenalan proyek, tahap pelaksanaan proyek, dan tahap penyelesaian proyek. Pengembangan katakter anak usia dini saat ini menjadi dasar terbentuknya generasi unggul Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jiv

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal VISI is published on Juni and December every year which published by Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta. This journal focuses on Early Childhood Education and Society Education. This journal warmly welcomes to articles contributions from scholars of related ...