Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 4, Nomor 2 July 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Takalar

Hidayah, Nur (Unknown)
Arifin, Ibrahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran hasil belajar sosiologi siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Takalar. 2) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA  Negeri 1 Takalar. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 128 orang. Pengambilan besaran sampel ditentukan menggunakan rumus slovin dengan teknik stratified random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 56 responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan teknik korelasi bivariate person dan uji reliabilitas menggunakan teknik crobach alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan IBM versi 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Gambaran hasil belajar sosiologi siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Takalar berada pada kategori “sangat tinggi”) dengan nilai skor rata-rata pada variabel hasil belajar dengan persentase sebanyak 87,35%. Hal ini dibuktikan dengan hasil rekapitulasi tanggapan responden pada variabel hasil belajar dari tiga indikator oleh seluruh responden dari hasil olah data kuisioner. 2) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA  Negeri 1 Takalar. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan yang diperoleh dari uji analisis regresi sederhana adalah 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung 24,695 > t tabel 0,263. Hal ini menunjukkan bahwa variabel X memiliki pengaruh terhadap variabel Y. Adapun hubungan variabel X terhadap variabel Y uji korelasi product moment diperoleh nilai koefisien sebesar 0,958 kemudian dikonsultasikan pada tabel interpretasi nilai r pada interval 0,80 – 0,1000 memiliki tingkat korelasi sangat kuat. Selanjutnya dilakukan analisis koefisen determinasi diketahui dari nilai Adjusted R square pada tabel model summary sebesar 0,917 artinya variabel X (model pembelajaran problem based learning) mempengaruhi variabel Y (hasil belajar) sebesar 92,9% dan 8,1 persen dipengaruhi oleh faktor lain. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...