JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
Vol. 7 No. 2 (2024): Juli

Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Busy Book

Aulia, Lina (Unknown)
Lidinillah, Dindin Abdul Muiz (Unknown)
Loita, Aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti melakukan upaya dalam membantu meningkatkan perkembangan kemampuan anak. Hal ini dilakukan sebab peneliti menemukan hal yang menarik perhatian peneliti yaitu di sekolah PAUD Kober Bias Al-Badriyah yang berada di kabupaten Tasikmalaya terdapat 41,6% dari 100% anak yang kurang maksimal dalam mengenal angka, sehingga anak mengalami kesulitan dalam menggunakan angka untuk menjumlahkan dan menghitung. Sehingga peneliti memberikan upaya pembelajaran dengan menggunakan media busy book dengan tujuan dapat membantu anak dalam perkembangan kemampuan mengenal angka dengan baik dan benar serta untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan mengenal angka anak setelah diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media busy book. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan pre-eksperimen dengan jenis desain one group pre posttest design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelompok B berjumlah 12 anak yang berusia 5-6. Teknik pengambilan data menggunakan tes kemampuan mengenal angka anak dari hasil kegiatan pembelajaran menggunakan media busy book. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis statistik deskriptif untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan mengenal angka setelah anak diberikan perlakuan dengan bantuan program SPSS versi 21.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JECIE

Publisher

Subject

Education

Description

JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in ...