Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
Volume 32 Nomor 2 November 2023

Hubungan Ketersediaan Media Pembelajaran Berbasis TIK dengan Kemampuan TPACK Guru Sekolah Dasar

Mustaqimah, Annisa (Unknown)
Suhartono, Suhartono (Unknown)
Cholifah, Puri Selfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2023

Abstract

Arah perkembangan teknologi telah melingkupi setiap lini kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Minat peserta didik yang tinggi terhadap teknologi mengharuskan setiap guru memahami penggunaannya sebagai media pembelajaran, sehingga guru tidak hanya mengajar dengan metode-metode konvensional. Kemampuan guru dalam menguasai teknologi tersebut tentu harus didukung oleh ketersediaan media yang memadai di sekolah. Maka, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis hubungan dari variabel ketersediaan media pembelajaran berbasis TIK dengan kemampuan TPACK para guru. Penelitian ini merupakan contoh penelitian kuantitatif Ex Post Facto. Sampling saturasi menghasilkan total 44 peserta. Korelasi Spearman’s Rank Order digunakan untuk statistik deskriptif dan inferensial untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ketersediaan media pembelajaran berbasis TIK dan kemampuan TPACK guru berada pada kategori tinggi dengan masing-masing persentase 63,6 persen dan 72,7 persen, serta terdapat korelasi yang signifikan pada kedua variabel yang bernilai signifikansi 0,000 dan tingkat hubungan yang sangat kuat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SD

Publisher

Subject

Education

Description

Periodically published twice a year in May and November ( ISSN 0854-8285 ) ( E ISSN 2581-1983 ) ; contains writings on conceptual ideas, studies and application of theories, practical writing, and the results of educational research and teaching of elementary ...