Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan, validitas, dan Praktikalitas modul Project IPAS berbasis lingkungan dalam Kurikulum Merdeka pada Fase E. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) define; (2) design; (3) development; dan (4) disseminate. Untuk menguji kevalidan modul dilakukan oleh penilaian ahli materi tentang keseluruhan isi modul, ahli dalam tata bahasa yang akan menilai bahasa yang digunakan dalam modul, validasi desain yang akan dinilai oleh validasi ahli dalam teknologi pembelajaran. Uji coba produk dilakukan dalam 2 tahap yaitu uji coba pengguna /guru, uji coba kelompok kecil (12 peserta didik), dan kelompok besar (25 peserta didik). Penelitian ini telah mencapai standar kelayakan berdasarkan hasil kevalidan dan kepraktisan. Kevalidan produk modul projek IPAS berbasis lingkungan berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi secara keseluruhan dari aspek yang dinilai mendapatkan persentase (92,08%), validasi oleh ahli bahasa 86,66%, dan validasi oleh ahli media 87,30% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan produk berdasarkan hasil uji coba pengguna/guru memperoleh skor rata-rata dari keseluruhan aspek adalah 88,48%, berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 91,83%, berdasarkan hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 92,30% dengan kriteria sangat praktis.
Copyrights © 2024