Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman
Vol 19 No 2: Juli 2024

Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains: Application of Science Based Learning

Abdul Mufarik A. Marhum (Unknown)
Mansur (Unknown)
Kuliawati (Unknown)
Rahmawati (Unknown)
Abdul Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil studi tentang Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains di Tk Zamrud Maleni. Untuk mengungkap data yang akurat, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data melalui data primer dan data sekunder. Adapun prosedur pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian adalah: 1) Temuan lapangan ini bahwa aspek sains memiliki beberapa kelebihan dalam proses pelaksanaannya, antara lain: Menunjukkan hasil yang positif dalam pengetahuan science anak; mengajarkan peserta didik untuk berpikir untuk menyelesaikan masalah secara aktif, kreatif dan inovatif; memupuk kreativitas peserta didik dalam menciptakan alat belajar yang menyenangkan; dengan pendekatan sain peserta didik dapat mengaplikasikan hasil pembelajaran yang diperoleh ke dalam kehidupan sehari-hari. 2) Media-media yang digunakan dalam pembelajaran melalui aspek sains berupa media Loose Part, alat permainan edukatif anak yang berupa barang-barang yang ada di sekitar lingkungan bisa dari bahan alam. 3) Pendekatan aspek sains membantu melatih anak didik untuk mampu menganalisa permasalahan-permasalahan yang ada dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024