Jambura Arena Pengabdian
Vol 2, No 1 (2024): JARDIAN

EDUKASI MEDIA YANG DIGUNAKAN DALAM PENJAS ADAPTIF PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SMAN 3 SELUMA

Syaputra, Roni (Unknown)
Apriansyah, Dolly (Unknown)
Personi, Megi (Unknown)
Rahmalia, Khotimah (Unknown)
Paulinsia, Liza (Unknown)
Perdima, Feby Elra (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Pendidikan jasmani bagi ABK sangatlah penting, walaupun demikian program yang di berikan harus di sesuaikan dengan kebutuhan dan hambatan ABK itu sendiri agar hasilnya dapat optimal. Agar dapat memberikan pelayanan secara optimal guru harus memiliki kemampuan dan keterampilan khusus dalam mengelola pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif. Peran dari mereka yang terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan Pendidikan Jasmani Adaptif adalah sebagai berikut: Memberikan pelayanan langsung kepada siswa siswa yang berkelainan dan keluarga mereka, memberikan latihan pra-jabatan dan/atau dalam jabatan. setiap murid berkebutuhan khusus memiliki kelainan yang berbeda-beda sehingga kebutuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan setiap murid juga tidak akan sama. Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan murid tersebut guru dapat memodifikasi pembelajaran Pendidikan Jasmani sesuai dengan keadaan pembelajaran yang dihadapi. faktor-faktor yang perlu dimodifikasi dan disesuaikan para guru dalam upaya meningkatkan dengan siswa adalah sebagai berikut: 1) penggunaan bahasa, 2) membuat konsep yang konkret, 3) membuat urutan tugas, 4) ketersediaan waktu belajar, dan 5) pendekatan “multisensory dan pengunaan media”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jap

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jambura Arena Perngabdian (JARDIAN, P-ISSN: 3025-3209, E-ISSN: 3024-9759) is a peer-reviewed journal published by Physical Education, Healt and Recreation Program, Universitas Negeri Gorontalo. JARDIAN provides open access to the principle that research published in this journal is freely available ...