JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS
Vol. 4 No. 02 (2024): Februari

Pelatihan Penyusunan Bahasa Ajar Berbasis Gambar Ilustrasi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Gayamsari Semarang

Fajriyah, Khusnul (Unknown)
Priyanto, Wawan (Unknown)
Untari, Mei Fita Asri (Unknown)
Putriyanti, Lina (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Kebijakan implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Dasar mendorong perubahan paradigma dan pengembangan model baru pada level pembelajaran di kelas. Permasalahan yang dialami oleh mitra guru Sekolah dasar yang paling urgent adalah belum memiliki kompetensi dalam mengembangkan beberapa komponen pengembangan modul ajar, pembelajaran berdiferensiasi, serta bahan ajar yang selaras dengan kurikulum merdeka. Tindak lanjut dari situasi tersebut adalah perlunya menyelenggarakan pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis gambar ilustrasi bagi guru sekolah dasar melalui forum KKG. Berdasarkan observasi dan angket pelaksanaan pelatihan diperoleh hasil bahwa (1) pada tahap pra pelatihan peserta diminta memetakan atau memilih satu materi yang dianggap sulit dan perlu dibuatkan bahan ajar; (2) pada tahap pelatihan, peserta dapat mengikuti dengan baik terbukti dengan antusiasme peserta untuk mengikuti alur pembuatan bahan ajar yang disampaikan narasumber; (3) pada tahap pendampingan, peserta mampu menyusun bahan ajar dan ada beberapa peserta yang meminta bimbingan jika terjadi kesulitan; dan (4) pada tahap evaluasi, peserta menilai kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat karena sesuai dengan kebutuhan peserta dan peserta akan mengembangkan bahan ajar secara mandiri untuk topik atau materi yang lain.

Copyrights © 2024