Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH)
Vol. 8 No. 2 (2024): Juli

Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA Topik Wujud Zat dan Perubahannya Kelas IV SD

Abdul Aziz Lutfil Hakim (Unknown)
I Gede Wawan Sudatha (Unknown)
Gusti Ayu Putu Sukma Trisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan oleh guru yang hanya menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA topik wujud zat dan perubahannya kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 1 orang praktisi, 3 siswa uji perorangan, 9 siswa uji coba kelompok kecil, dan 25 siswa uji coba lapangan. Media video pembelajaran dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik dari para ahli dengan persentase hasil validitas ahli materi diperoleh skor 90,5% kategori sangat baik, hasil validitas ahli media diperoleh skor 92,5% kategori sangat baik, hasil validitas praktisi diperoleh skor 96% kategori sangat baik, hasil validitas uji perorangan diperoleh skor 96,7% kategori sangat baik, hasil uji kelompok kecil diperoleh skor 95,6% kategori sangat baik. Sedangkan uji coba lapangan mendapatkan rata-rata nilai sebelum diberikan perlakuan yaitu 67 sedangkan rata-rata nilai 92 setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil validitas, respon pengguna dan efektivitas, sehingga dapat disimpulkan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA topik wujud zat dan perubahannya kelas IV SD sudah layak untuk digunakan. Implikasi dalam penelitian ini adalah dihasilkan sebuah produk berupa video pembelajaran pada mata pelajaran IPA topik wujud zat dan perubahannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPSH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH) is a journal that uses a double-blind peer review model that can be accessed online. The purpose of JPPSH is to publish a journal containing quality articles that will be able to contribute thoughts from a theoretical and empirical ...