Damhil Education Journal
Vol 4, No 1 (2024)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DRIBBLING KAKI BAGIAN LUAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI)

Suleman, Mohamad Indrawan (Unknown)
Said, Hariadi (Unknown)
Tumaloto, Ella (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2024

Abstract

Rendahnya pengetahuan dan keterampilan murid dalam melakukan teknik dasar meggiring (dribbling) lebih khusus menggunakan kaki bagian luar sehingga perlu dilakukannya upaya peningkatan keterampilan tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik keterampilan dribbling kaki bagian luar pada murid kelas VII-3 SMP Negeri 8 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian Tindakan kelas dengan tahapan 2 siklus. Berdasarkan data yang telah diperoleh pada penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Group Investigation sebagai metode pembelajaran pada permainan sepak bola dimata pelajaran penjas yang dilaksanakan dengan dua siklus, ternyata keterampilan murid mengalami peningkatan yang signifikan. Digambarkan pada tahap observasi awal hasil belajar dribbling pada murid kelas VII-3 SMP Negeri 8 Gorontalo meningkat dari 55,39 pada kondisi awal menjadi 67,73 pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan ke siklus II dan mengalami peningkatan menjadi 81,84 pada akhir siklus II. Dengan demikian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode Group Investigation dalam pembelajaran mempunyai pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar dribbling kaki bagian luar pada materi sepak bola.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

DEJ

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Damhil Education Journal with E-ISSN 2776-2505 (Online), P-ISSN 2776-8228 is published by the Education Study Program of the Postgraduate Doctoral Program at Gorontalo State University. Damhil Education Journal is an e-journal as a publication media for academics, researchers, and practitioners in ...