Educaniora: Journal of Education and Humanities
Vol. 1 No. 3 (2023): December

Kevalidan Media Pembelajaran Tembak Panah pada Pembelajaran Membaca Teks Biografi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas

Jeneva, Yohana (Unknown)
Shanty, Isnaini Leo (Unknown)
Elfitra, Legi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media edukatif 'Tembak Panah' dalam konteks pembelajaran membaca teks biografi untuk siswa kelas X MIPA di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Tanjungpinang, dengan fokus pada validitas media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model 4-D dan melibatkan dua ahli, yaitu ahli media dan ahli materi. Data kuantitatif diperoleh melalui instrumen berupa angket yang diberikan kepada kedua ahli tersebut dan kemudian diolah menjadi persentase dengan menggunakan skala Likert. Selain itu, data kualitatif juga diperoleh dari hasil validasi oleh validator, termasuk petunjuk dari ahli media dan ahli materi. Angket digunakan sebagai instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media oleh ahli media mencapai rata-rata persentase 88,57% dan ahli materi mencapai 90%, keduanya dianggap "sangat valid". Dengan demikian, media pembelajaran 'Tembak Panah' dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ec

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This interdisciplinary journal focuses on the exchange of research results in education and humanities. Educaniora aims to bridge the gap between pure academic research journals and more practical publications. Fields of interest include, but are not limited to: 1. Indonesian Language Education; 2. ...